Radio??? Wireless???

Radio yang dimaksud adalah gelombang radio. Penemuan gelombang radio ini akan menuntun manusia pada penemuan menakjubkan lainnya, yaitu telepon dan telegraph. yang dikenal sebagai “Wireless Telegraphy”

Pada tahun 1860-an, James Clerk Maxwell memprediksi adanya keberadaan gelombang radio, tahun 1866 Heinrich Rudolph Hertz mendemonstrasikan variasi arus listrik yang bisa dibentuk menjadi gelombang radio. Tahun yang sama di US, seorang dokter gigi Mahlon Loomis, mendemonstrasikan wireless telegraphy.
Guglielmo Marconi, inventor dari italia, berhasil mengirimkan sinyal wireless ke English Channel, dan 2 tahun kemudian beliau mendapat telegraph huruf “S” dari england. Ini adalah kesuksesan pertama dalam penerjemahan radio wireless pada tahun 1902.

Karena para ilmuwn tahu bahwa ada hubungannya antara gelombang listrik dan gelombang magnet, maka mereka mencari hub tersebut, dan akhirnya terciptalah Wireless telegraphy, hubungan tanpa kabel…yang akan terkenal menjadi gelombang radio. Walaupun dalm perkembangannya ke sana para ilmuawan banyak yang berebut paten penciptaan wireless telegraphy.

Radio??? Wireless???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s